20 cara ampuh mengecilkan perut buncit, terbukti secara ilmiah!

Perut buncit tidak hanya mengganggu penampilan saja. Tidak hanya membuat pakaianan anda kenakan terlihat menjadi sangat ketat. Namun perut buncit juga dapat membahayakan kesehatan anda. Perut buncit diakibatkan oleh timbunan lemak visceral, yaitu lemak yang tertimbun dibawah otot dan mengelilingi organ organ tubuh.Lemak jenis ini meningkatkan resiko diabetes tipe2 serta gangguan jantung. Berikut ini adalah 20 cara ampuh hasil penelitian ilmiah untuk menghilangkan lemak perut.

Cara mengecilkan perut

  1. Banyak banyaklah makan makanan yang mengandung serat larut


  2. Serat larut membantu memperlambat makanan ketika melewati saluran pencernaan. Penelitian menunjukan serat jenis ini membantu mengurangi berat badan dengan cara mengenyangkan lebih lama sehingga anda secara naluri tidak cepat lapar. hal ini membuat kalori yang masuk ke dalam tubuh anda menjadi lebih sedikit. dan serat mudah larut ini membantu menghilangkan lemak di perut. Sebuah studi penelitian melibatkan 1100 sukarelawan menunjukan tiap 10 gram asupan selam mudah larut ini mengurangi lemak perut sebanyak 3.7 persen
    Usahakan mengkonsumsi makanan tinggi serat setiap hari. Salah satu sumber serat larut terbaik diantaranya biji rami, mie shiarataki, alpukat serta blackberries

  3. Hindari makanan yang mengandung lemak trans
  4. Lemak trans adalah lemak padat dari lemak tak jenuh. Lemak trans terdapat pada margarin, mentega dan produk makanan jadi. Lemak trans sering dikaitkan sebagai penyebab inflamasi, penyakit jantung, resistensi insulin serta meningkatnya lemak perut.
    Penelitian selama 6 tahun terhadap hewan percobaan menunjukan, hewan yang memakan lemak trans mempunyai lemak perut lebih banyak 33% dari hewan yang tidak mengkonsumsi lemak trans.
    untuk mengurangi lemak perut dan menjaga kesehatan anda, pastikan anda membaca nutrition facts di kemasan tiap produk sebelum anda membeli nya.

  5. Jangan minum minuman beralkohol


  6. Walau dalam jumlah sedikit alkohol mempunyai manfaat untuk tubuh, tapi tetap saja alkohol adalah haram dikonsumsi untuk muslim. Oleh karena itu jangan pernah minum minuman beralkohol walau setetes! Selain Haram ternyata alkohol juga salah satu biang kerok tertimbun nya lemak di perut. Studi terhadap 200 orang menunjukan alkohol membuat perut buncit.

  7. Makan makanan tinggi protein


  8. Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk mengontrol berat badan. Asupan tinggi protein meningkatkan pelepasan hormon Peptide YY. Hormon ini mengurangi selera makan dan membuat anda cepat kenyang. Protein juga meningkatkan metbolisme dan meningkatkan masa otot. Banyak sekali penelitian menunjukan orang yang sering mengkonsumsi makanan tinggi protein memiliki lebih sedikit lemak perut dibanding orang yang sedikit memakan protein. Pastikan anda mendapat asupan tinggi protein setiap kali makan, seperti ikan, daging , telur serta kacang kacangan.

  9. Kurangi tingkat stress


  10. Stress dapat memicu kelenjar adrenal memproduksi cortisol yang dikenal sebagai hormone stress. Riset menunjukan tingkat cortisol yang tinggi meningkatkan selera makan serta menimbun lemak di perut. Lebih dari itu , wanita yang pinggangnya lebar memproduksi lebih banyak cortisol sebagai respon dari stress. Lakukanlah aktivitas menyenangkan, berlibur, bermain bersama anak dan pasangan untuk menurunkan tingkat stres anda.

  11. Jangan banyak makan makanan manis tinggi gula.


  12. Gula mengandung Fruktosa yang erat kaitan nya dengan penyakt kronis ketika dikonsumsi secara berlebihan. Penyakit kronis yang biasa ditimbulkan adalah penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas dan penyakit liver. Hasil pengamatan studi menunjukan hubungan erat antara asupan tinggi gula dengan bertambahnya lemak perut. Gula tetap boleh dikonsumsi tapi jangan berlebihan, termasuk madu sekalipun.

  13. Latihan cardio / aerobic


  14. Latihan aerobic sangat bermanfaat meningkatkan kesehatan dan membakar kalori. Sebuah studi menunjukan bahwa latihan cardio/ aerobic ini adalah bentuk olahraga yang paling efektif dan cepat mengusir lemak di perut. Namun hasil bervariasi tergantung pada intensitas latihan. Wanita yang telah menopause berhasil menghilangkan lemak lebih banyak dengan latihan cardio 300 menit per minggu.

  15. Kurangi asupan karbohidrat, kecuali karbohidrat kompleks


  16. Mengurangi asupan karbohidrat sangat bermanfaat menghilangkan lemak, termasuk lemak di perut. Menu diet karbohidrat kurang dari 50 gram per hari dapat menghilangkan lemak pada orang yang obesitas. Anda tidak harus pantrang karbohidrat secara total. Anda bisa menggantikan dengan karbohidrat kompleks seperti beras merah atau gandum utuh. Karbohidrat kompleks terbukti meningkatkan kesehatan metabolism dan memberikan andil mengurangi lemak di perut,

  17. Ganti Minyak goreng anda dengan minyak yang sehat.


  18. Minyak kanola, minyak kelapa dan minyak bekatul adalah minyak yang lebih sehat bagi tubuh. Minyak yang rendah kolesterol. Anda bisa mendapatkan minyak minyak tersebut dengan mudah di supermarket. Tersedia berbagai macam merk bisa anda dapatkan. Memang minyak-minyak ini relative jauh lebih mahal disbanding minyak kelapa sawit, tapi percayalah, kesehatan anda lebih mahal.

  19. Mulai lah nge –gym


  20. Mulailah angkat berat di Gym. Berdasarkan study terhadap orang yang belum mengidap penyakit gula, pengidap penyakit gula, dan penyakit liver, angkat berat sangat bermanfaat menghilangkan lemak perut. Studi yang telah dilakukan pada seorang remaja yang kelebihan berat badan menunjukan, angkat berat dikombinasikan dengan aerobic mengurangi lemak perut dalam waktu yang singkat. Jika anda hendak memulai angkat berat, jangan segan segan untuk membayar pelatih bersertifikat.

  21. Hindari minuman ringan yang mengandung banyak gula.


  22. Minuman ringan mengandung banyak fruktosa yang mana akan menimbun lemak di dalam perut. Sebuah studi menunjukan minuman ringan meningkatkan lemak di hati. Penelitian selama 10 minggu menunjukan penambahan lemak pada orang orang yang mengkonsumsi minuman ringan dengan kadar fruktosa yang tinggi. Minuman ringan tinggi kandungan gula lebih parah disbanding makanan manis tingi gula. Karena otak kita tidak mencerna kalori cair seperti halnya mencerna kalori padat. Minum minuman ringan tinggi kandungan gula sama saja dengan mengkonsumsi kalori dalam jumlah tinggi dan langsung menyimpan nya sebagai lemak. Jika anda ingin mengurangi lemak di perut hentikan sekarang minum minuman ringan yang manis dan mengandung banyak gula.

  23. Perbaiki kualitas dan kuantitas tidur.


  24. kkualitas tidur yang baik sangat berpengaruh terhadap banyak aspek kesehatan anda, termasuk didalamnya berat badan. Sebuah studi mengatakan kurang tidur bisa mengakibatkan kegemukan dan perut buncit. Hasil pengamatan selama 16 tahun ditemukan lebih dari 68rb wanita yang tidur kurang dari 5 jam per hari memilki kecenderungan perut lebih buncit dibanding yang tidur 7 jam sehari. Perut buncit ini juga menimbulkan gangguan tidur sleep apnea. Yaitu pada saat anda tidur saluran pernafasan menyempit dan terhambat karena dinding pernafasan mengendur. Terkadang anda akan merasakan napas serasa terhenti dan sesak nafas.

  25. Catat asupan gizi anda.


  26. Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi perut buncit. Dan salah satu kuncinya adalah buat asupan gizi harian anda lebih sedikit dari kebutuhan harian anda. Dengan demikian maka tubuh akan membakar lemak untuk menutupi kebutuhan harian anda. Anda bisa mencatat asupan gizi anda dengan aplikasi berikut:
    https://www.myfitnesspal.com/
    website paling terkenal untuk menghitung kalori harian anda. Menyediakan juga macam macam gadget untuk men track aktivitas anda.
    http://loseit.com/
    sama seperti yg pertama namun ini ada versi app nya yang bisa anda install di hp anda serta bisa konek ke pedometer sehingga bisa mengukur kalori yang dibakar saat anda berolahraga
    https://www.fatsecret.com/
    Website penghitung kalori serta ada juga ada di dalam nya catatan makanan harian, database nutrisi, resep sehat, catatan olahraga, diagram berat, program diet serta jurnal kesehatan
    https://cronometer.com/
    Memudahkan anda mencatat diet anda, latihan serta berat badan
    http://www.sparkpeople.com/
    Website penuh fitur untuk menghitung kalori, mentracking nutrisi, aktivitas, target serta kemajuan proses diet anda.

  27. Makan minyak ikan secara rutin.


  28. Minyak ikan sangat menyehatkan. Minyak ikan kaya akan omega 3 yang akan melindungi anda dari penyakit. Beberapa fakta ilmiah juga membuktikan lemak ikan bisa menghilagnkan lemak visceral. Studi yang dilakukan terhadap anak dan dewasa yang mengidap penyakit hati menunjukan suplemen minyak ikan secara signifikan mengurangi lemak di hari dan perut. Sering sering lah makan ikan sarden, makarel, ikan bawal. Atau anda juga isa minum minyak ikan kapsul.

  29. Hindari Minum jus buah


  30. Walaupun jus buah kaya akan vitamin dan mineral, tapi kadar gula yang tinggi sama saja dengan menuman ringan yang manis. Bahkan jus aple tanpa gula per saji 248 gram mengandung 24 gram gula, setengah darinya adalah fructosa. Untuk membantu mengurangi kelebihan lemak ganti jus dengan minum air biasa, es teh tawar atau es lemon tanpa gula.

  31. Masukan cuka apel dalam daftar diet anda


  32. Cuka apel memilik segudang manfaat untuk kesehatan seperti menurunkan gula darah. Cuka apel mengandung senyawa asam acetic yang bisa mengurangi lemak perut pada hewan percobaan. Studi ketat yang dilakukan pada laki laki obesitas membuktikan, minum 1 sendok cuka apel per hari selama 2 minggu mengurangi lingkar pinggang sebanyak 1 inchi atau 2,4 cm.

  33. Makan makanan mengandung prebiotik atau suplemen mengandung prebiotik


  34. Prebiotik adalah bakteri baik yang bermanfaat bagi tubuh kita. Selain bagus untuk pencernaan prebiotik juga bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Prebiotik terdapat pada beberapa makanan dan juga suplemen. Para peneliti telah menemukan ada beberapa tipe prebiotik yang berperan dalam pengaturan berat badan. Dengan perbandingan tepat prebiotik dapat membantu menurunkan berat badan dan juga mengusir lemak perut. Tipe prebiotik yang dimaksud adalah prebiotik yang masuk keluarga lactobacillus. Yaitu; Lactobacillus fermentum, Lactobacillus amylovorus dan terutama Lactobacillus gasseri.

  35. Cobalah Intermittent Fasting ( puasa berselang)


  36. Intermittent Fasting sempat sangat populer akhir akhir ini. Terutama setelah seorang pesulap membuat ebook tentang Intermittent Fasting dan membagikannya secara gratis kepada netizen. Intermittent fasting adalah puasa pada waktu tertentu dan makan pada waktu tertentu. Yang paling populer adalah puasa 16 jam dan buka 8 jam. Anda punya waktu memakan apa saja selama kurun waktu 8 jam. Dan setelah itu anda berpuasa selama 16 jam. Walau terjadi pro dan kontra akan tetapi banyak juga yang memberikan testimoni positif. Didalam sebuah ulasan penelitian mengungkap rata rata orang yang melakukan Intermittent Fasting dapat mengurangi lemak perutnya sebesar 4-7% dalam waktu 6 minggu.

  37. Minumlah teh hijau


  38. Jika anda teliti, teh hijau sering ditemukan pada komposisi suplemen pembakar lemak. Hal ini diebabkan teh hijau telah terbukti meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan tingkat metabolisme. Dalam sebuah studi pada 10 pria sehat, teh hijau meningkatkan pengeluaran energi sebesar 4%.Studi lain menunjukkan bahwa oksidasi lemak meningkat sebesar 17%, menunjukkan bahwa teh hijau dapat secara selektif meningkatkan pembakaran lemak/>
    Teh hijau juga mengandung senyawa bioactive yang dapat meningkatkan kesehatan. . Bukan hanya sebagai pembakar lemak, kandungan antioxidan dalam teh hijau mengurangi resiko kanker seperti kanker payudara, kanker prostat dan kanker kolon.

  39. Gunakan tapal bangle (bahan alami resep leluhur.)

  40. Tapal adalah ramuan dari bahan alami seperti bengle yang di tempel di perut pada ibu yang baru melahirkan. Resep ini telah terbukti secara turun temurun membantu mengecilkan kembali perut pasca melahirkan. Hasil penelitian IPB menunjukan Ekstrak kasar bangle yang mengandung flavonoid, steroid, dan tanin yang mampu meningkatkan aktivitas lipase mungkin dapat juga meningkatkan aktivitas kolesterol oksidase, seperti halnya dwifungsi daun jati belanda sebagai pelangsing dan penurun kolesterol